Viral Pekerja Masukkan Karung ke Saluran Air Ini Kata Dinas Bina Marga DKI

Viral! Pekerja Masukkan Karung ke Saluran Air, Ini Kata Dinas Bina Marga DKI
Poskotanews
2019/11/24 20:06
Ikuti
– Sebuah video viral di media sosial (medsos) yang memperlihatkan beberapa pekerja tengah memasukkan karung berisi material ke dalam saluran air. Hal tersebut dinilai janggal karena diduga akan mengakibatkan saluran air tersumbat.
Salah satu akun Twitter yang mengunggah postingan para pekerja tengah memasukkan karung-karung berisi material diduga pasir ke dalam gorong-gorong adalah @mochamadarip dalam postingannya pemilik akun mempertanyakan masuk dari para pekerja tersebut.
“Apa maksud pekerjaan ini ya?,” tulis akun tersebut yang diposting hari ini.
Beragan netizen menanggapi video berdurasi 18 detik tersebut. Ada yang menduga memang sengaja kembali dimasukkan sehingga menyebabkan saluran air mampet.
Remington Steele #20/20 Vision
Apa maksud pekerjaan ini ya?
Saat dikonfirmasi, Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho membenarkan kejadian tersebut yakni pengerjaan mainhole utilitas di Jalan Karanganyar, Jakarta Pusat tepatnya di jalan dari arah Mangga Besar menuju Jalan Sukaryo Wiryopranoto.
Menurut Hari para pekerja tersebut tengah mengerjakan mainhole utilitas yang fungsinya untuk jaringan utilitas kabel dibawah tanah. Berbeda dengan saluran air drainase.
“Itu manhole utilitas mas. Mainhole utilitas khusus utk jaringan utilitas seperti kabel FO dan PLN. Beda dengan saluran air drainase,” kata Hari kepada poskotanews, Minggu (24/11/2019).
Hari pun membantah bahwa para pekerja sengaja membuang karung-karung tersebut ke dalam saluran air yang bisa menyumbat saluran.
“Ya gak bener (sengaja untuk menyumbat saluran air), nggak ada hubungannya,” tegas dia.
Hari pun menjelaskan bahwa memang pengerjaan mainhole utilitas harus mengangkat karung berisi pasir. Setelah selesai baru karung-karung tersebut kembali dimasukkan yang tujuannya mencegah jika terjadi kecelakaan. Dengan kata lain pengerjaan sudah sesuai SOP.
“Memang speknya harus dimasukan karung pasir sebelum ditutup.
Hal tersebut untuk mengantisipasti jika terjadi kecelakaan. Saat proses pengerjaan utilitas maka karung pasir tersebut akan diangkat setelah itu proses boring subduct. Setelah selesai maka karung yang berisi pasir akan dimasukan mainhole kembali,” tandas Hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *